INGIN PASANG IKLAN ATAU ADVETORIAL DI SINI? HUBUNGI AYU DEVIE (+6281 916 405 532) ATAU WAYAN SUNANTARA (+6281 558 184 955)

Jelang Pemilu 2009; Untuk Sementara, Terserah Pak De!

M“agnet Politik”. Mungkin istilah itu cukup pas dilekatkan pada sosok Prof. Dr. I Gede Winasa, terutama jika dihubung-hubungkan dengan sikap dan pilihan politik demokrasi sebagian besar masyarakat di Kabupaten Jembrana menjelang digelarnya pesta demokrasi Pemilu Legeslatif tahun 2009. Jika mencari aspirasi politik masyarakat menjelang Pemilu Legeslatif ini, maka rata-rata masyarakat Jembrana akan menjawab, “Terserah Pak De”. Dan konon, yang dimaksud “Pak De” itu adalah sosok Prof. Dr. I Gede Winasa yang juga Bupati Jembrana.

Fenomena politik demokrasi “Terserah Pak De” itu, memang menjadi cukup menarik untuk ditilik dan diapresiasi. Seperti dilontarkan pemerhati perilaku politik dan demokrasi serta pengajar ilmu politik beberapa perguruan tinggi di Jawa Timur, R. Pracoyo, kepada Independen News, fenomena “terserah Pak De” itu menunjukkan tingginya posisi tawar politik Prof. Winasa sebagai pelaku politik, apalagi jika dilihat pada tataran domestik dan lokalitas. “Sosok Prof. Winasa merupakan daya tarik tersendiri bagi setiap partai politik di dalam menarik dukungan masyarakat pada Pemilu 2009,” demikian Pracoyo.

Selain itu, Pracoyo juga melihat bahwa fenomena ini akan berlanjut pada pesta demokrasi yang lebih strategis lagi, yakni Pemilu Daerah Jembrana atau Pilkada Jembrana di tahun 2010. Artinya, siapapun yang ingin tampil di dalam kompetisi demokrasi Pilkada Jembrana nanti, harus mendapat “restu” dari Prof. Winasa. Karena apa? Sepuluh tahun kepemimpinan Prof. Winasa, tetap akan mengakar di hati masyarakat Jembrana. “Saya melihat fenomena ini tidak hanya berhenti pada Pemilu 2009, tetapi juga akan berlanjut pada Pilkada Jembrana 2010 dan Pilpres di tahun yang sama,” demikian R. Pracoyo.
BACA JUGA :


Comments :

0 komentar to “Jelang Pemilu 2009; Untuk Sementara, Terserah Pak De!”

Posting Komentar